Sunday, April 27, 2008

Tentang Buku Desain

beberapa waktu yang lalu teman saya membeli buku yang judulnya mengenai program desain. tidak tanggung-tanggung ia membeli 3 buah buku sekaligus dengan penerbit dan pengarang yang berbeda. Buku berisi tutorial adobe CS 3 terlihat cukup tebal, dengan cover yang apik kertasnya, kualitasnya dan warnanya. bahkan diantara buku tersebut ada yang memiliki halaman full colour lumayan banyak. kemudian saya tertarik untuk membacanya, cover belakang terlihat jenis buku ditujukan untuk para pemula, hanya satu buku saja yang mengindikasikan bagi para pengguna tingkat menengah. Penerbitnya sebuah percetakan penerbit terbesar di indonesi, ini yang mengarang pasti hebat gumamku. satu dua lembar halam aku buka, tidak melihat sesuatu yang menarik langsung saja saya buka lembar berikutnya dan seterusnya melangkah hingga cukup lama aku mengamati dan berpikir, kenapa buku2 tutorial desain ini hanya melulu membahas soal fasilitas program, tools, cara penggunaan efek dan maksud serta skrinsut hasilnya saja. ini adalah ejaan lama bagi buku desain sejak lebih dari 10 tahun yang lalu meskipun sudah ada buku yang lebih modern, tetapi sedikit sekali jumlahnya. maksudnya disini bahwa tutorial yang diberikan adalah latihan yang sebenarnya tidak perlu dituntun oleh orang, karena kebanyakan bentuk tools, fungsi effect ataupun tahap penggunaannya sebagian besar tidak berubah sejak versi doeloe. contohnya jika ingin melakukan proses zoom blur, dibuku tersebut hanya menyebutkan tahapan mulai dari memilih menu effect, blur kemudian pilih zoom blur sesuai dengan intensitas efek blurnya. sebenarnya itu bisa dilakukan sendiri karena notabene effect tersebut hanya proses 1 kali. tidak ada membahas penggunaan fasilitas yang menurut saya penting yaitu layer dan warna. Bagaimana penggunaan layer agar manipulasi dan effect lebih hidup, dan warna agar kesesuaian citra warna antar layer lebih hidup. Kebetulan saya pengguna corel, dan saya lihat buku yang ada dipasaran tidak berbeda jauh kondisinya, dan saya lebih prefer untuk melihat tutorial effect adobe di internet(karena corel juga jarang) kemudian saya coba translet kedalam program corel. hasilnya lumayan untuk mencoba dan menemukan effect2 baru.





No comments:

Post a Comment

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com