Monday, March 17, 2008

Next Level, Saat Virus Menginfeksi...

Anda yang pernah mengecap komputer menggunakan dos pasti masih ingat menggunakan anti virus mcaffee versi dos(dibawah tahun 95) .

Saat di C:\ menggunakan perintah C:\scan a: /all /force /boot /clean. Sungguh era windows memanjakan pengguna dengan satu kali klik maka semua proses dilakukan. Karena terpaku dengan keindahan interfacesnya, windows membayarnya dengan banyak kelemahan salah satunya registry. Akibat cara kerja windows yang selalu mengandalkan registry termasuk saat safe mode. Jika key pada registry yang dibutuhkan untuk load sistem diobrak-abrik, maka virus akan terus aktif.

CD booting dos adalah solusinya. Kenapa dos? Karena virus sekarang tidak dapat berjalan pode mode dos booting. Dengan begitu kita dapat melengak-lengok mencari file virus dan meghapusnya.

Ada banyak macam cd booting, ada yang merupakan windows installer, ada juga yang berupa cd booting khusus untuk rescue disk(penyelamatan disk). Berikut dengan menggunakan cd bootimg dos pada umumnya. Diharapkan anda telah mengerti perintah-perintah dos, tapi jangan khawatir karena saya akan mengingatkan anda caranya.

Langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

  1. Masukan cd booting, pastikan boot priorty pada cd-rom.
  2. Akan ada tulisan press any key to boot from cd. Tekan tombol keyboard sembarang, biarkan proses berlanjut.
  3. Setelah masuk pada console dos “C:\” maka mulailah mencari file virus tersebut disetiap directory yang disinyalir terdapat virus tersebut.
  4. Untuk melihat isi disk atau directory (folder dalam windows) perintahnya :

Ø “C:\dir” lalu tekan enter. Bila anda tidak dapat melihat isi atau nama directory karena terlalu panjang dapat divariasi dengan “C:\dir/w/p” anda akan dapatkan daftar directory dan files dalam format yang lebih mudah.

Ø Untuk melihat file dengan lebih spesifik “C:\dir *.exe” maka kita akan mendapatkan informasi pada directory tersebut berupa hanya file berekstensi *.exe.

Ø Bila anda tidak ingin repot anda dapat melihat isi keseluruhan sebuah drive(partisi) : “C:\dir/s/p *.exe”. catat file virus yang ingin anda hapus.

Ø Ulangi langkah diatas dengan drive yang lain, pindah drive : “c:\namadrive:” contoh “c:\d:”

  1. Setelah proses pencarian untuk masuk directory ketikan perintah berikut :

Ø “C:\cd namadirectory” lalu tekan enter, contoh “C:\cd windows”.

Ø Untuk kembali kedirectory satu tingkat sebelumnya “C:\cd ..”

Ø Untuk kembali ke directory teratas(c:\) adalah “C:\cd\” tekan enter.

6. Untuk menghapus file : “C:\del namafile” contoh :

Ø “C:\del virus.exe” untuk menghapus file virus.exe

Ø “C:\del *.* ” untuk menghapus semua file dalam directory tersebut.

Ø “C:\del *.exe” untuk menghapus file bekstensi *.exe pada directory yang kita masuk.

7. Ada kemungkinan file virus merupakan hidden atau super hidden. Lihat tips & Triks windows untuk memunculkannya kembali.

Lebih jauh lagi ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan program menu berbasis dos seperti Norton Commander 5.0. dengan menggunakan NC kita dapat dengan mudah melihat isi disk, keluar masuk directory, pindah drive, mencari file dengan berbagai spesifikasi, hapus file/directory dan sebagainya. Sangat berguna jika dalam hardisk/master cd anda dibekali program ini.

Akhirnya anda harus jeli melihat perilaku virus yang banyak dari mereka modusnya memang mirip agar lebih mudah dalam mengatasinya.

2 comments:

  1. Rasanya, saya lebih memilih untuk menggunakan Linux untuk menghapus file-file virus yang belum menginfeksi System Windows.

    Memakai DOS? he..he.. semua koleksi DOS saya sudah hilang semua.

    Anda nyebutin NC-5 membuat saya jadi inget masa lalu saat masih menggunakan Norton Commander 4 dan PC Tools 4.1.1 atau 4.2.4

    ReplyDelete
  2. hehe, buat yang gk bisa linux atau takut komputer lambat pake 2 s.o

    kenangan masalalu bersama NC. masih saya simpen. nih software umurnya ude belasan taun

    ReplyDelete

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com