Thursday, March 6, 2008

Mengapa Virus Banyak Beredar

Malware atau program perusak merupakan hasil karya dari buah teknologi informasi yang berkembang tanpa memperhatikan etika dalam pemrograman. Malware sengaja dibuat untuk tujuan dan maksud tertentu sesuai dengan jenis malware yang bersangkutan, seperti untuk menampilkan suatu pesan komersial (Adware) ataupu moral, mencari celah akses keamanan, mengontrol system, mencuri data atau merusak system tertentu.

Beberapa jenis malware yang banyak beredar yaitu worms, trojan, trapdoor dan yang paling terkenal yaitu virus. Saat ini terdapat hampir 200 virus baru bermunculan tiap bulannya. Setiap hari ada saja berita mengenai serangan virus baru yang menginfeksi komputer-komputer dari pengguna yang tidak waspada. Bisa dibayangkan tingkat kerusakan dan kerugian yang diakibatkan malware tersebut.

Penggunaan program berbasis Windows mulai marak dengan aneka macam fitur, maka kita kembali mengenal satu jenis virus baru, yakni virus macro. Macro adalah serangkaian perintah--mirip perintah dalam bahasa pemrograman--yang disediakan oleh perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk menyusun suatu rangkaian pekerjaan tertentu. Rangkaian perintah tersebut akan dijalankan sekaligus oleh perangkat lunak saat macro dijalankan. Fasilitas macro berguna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan langkah-langkah yang berurutan dan berulang-ulang. Celakanya, fasilitas ini akhirnya disalah gunakan oleh tangan-tangan jahil untuk membuat macro yang berisi perintah-perintah penularan dan bahkan perusakan.

Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang berkembang baik dari segi teknologi maupun pendidikannya memiliki masalah yang sama dengan negara lainnya. Tahun 2003 adalah tahun awal kebangkitan virus nasional karena saat itu banyak bermunculan virus-virus lokal dengan berbagai variasi dan metode penyerangan. Hingga sekarang telah ribuan virus mondar mandir di Indonesia. Kebanyakan dari variant virus atau lebih tepat worms tersebut memiliki ciri yang hampir serupa, yaitu menyembunyikan file asli, mengganti bentuk folder, memblokir tools windows (regedit, task manager, msconfig) dan banyak dari virus tersebut dibuat dengan menggunakan VB.

Virus memanfaatkan banyak celah keamanan pada windows untuk melakukan kegiatannya. Celah terletak pada konfigurasi windows pada registry, konfigurasi dalam file-file windows lainnya. Hubungan antar program windows yang ridak solid serta pengenalan terhadap program yang tidak akurat juga dimanfaatkan oleh virus dalam usaha penyebarannya. Yang lebih memprihatinkan adalah banyaknya sumber baik situs ataupun buku yang menyediakan tutorial pembuatan virus. Ada banyak tempat yang memberikan contoh script virus dengan tambahan perintah untuk meningkatkan kemampuan, dan itu didapat secara cuma-cuma. Tidak demikian dengan program antivirusnya baik freeware ataupun komersial, hanya sedikit yang membagikan ilmu dan cenderung dirahasiakan karena bersifat hirarki profesionalisme dan money oriented. Hasilnya, banyak yang lebih memilih membuat virus ketimbang antivirusnya sendiri sebagai penerapan ilmu keamanan system computer.

No comments:

Post a Comment

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com