Thursday, August 21, 2008

Cool and Quite, Bergunakah??

fitur Cool and Quiet berguna untuk menyesuaikan keceptan processor sesuai dengan tingkat persentasi usage operasionalnya saat itu. Jadi jika processor usage idle atau dibawah 35% clock processor turun dengan menurunkan multiplier dari default ke 5x atau 4x (lebih rendah) serta vcorenya juga ikut turun. Dipilih untuk merubah multiplier lebih mudah ketimbang ngubah FSB. Alhasil suhu processor juga turun.


Lain halnya dengan smart fan, dimana putaran kipas processor akan otomatis berubah sesuai acuan suhu yang telah diset sebelumnya pada BIOS. Misalkan diset.

  • low rpm (2000rpm) diset pada 28'C
  • high rpm (3500rpm) diset pada 45'C

secara mandiri smart fan bisa bekerja tanpa cool n Quiet namun sebatas pada pengaturan tingkat noise, namun hasil kerja sama keduanya bisa membuat nyata arti sebenarnya dari ungkapan Cool and Quiet, dingin dan tenang

  • aktifkan AMD C&Q pada bios
  • install driver AMD processor, Dual Core Optimizer(tentunya driver mboard udah komplit terinstall)
  • masuk power management pada display properties, set ke minimal power management atau max batrey
  • silahken dilihat di cpuid atau everest.

X2 3600+ saya@1.9Ghz begitu idle turun multi ke 5x @1000mhz begitu pula voltasenya dari 1.25V jadi 1.09V. begitu klik/masuk program/gerak2in windows naik lagi normal, idle turun lagi. Tapi berasa sekali lambatnya (ada delay) meskipun suhunya sering dibawah 29"C. waktu di oc ke 2.5Ghz dan aktifkan C&Q malah menolak masuk windows, kalo saya yah mending gak usah diaktifkan karena PC gak pake batre , suhunya idelnya juga tidak jauh beda antara aktif ma gak aktif kecuali bro menggunakan untuk laptop.

2 comments:

  1. mantubedjat@chippersApril 8, 2009 at 12:51 AM

    bro,klo vcore turun karena ngaktifin fitur CnQ,apakah waatt-nya cpu juga ikut turun?kayak klo standby gitu?

    ReplyDelete
  2. iya bro, konsumsi daya dia turun meski gak sebesar saat standby karena penurunan paling dari 1.25 ke 1v misalnya. akhirnya suhu prociepun turun.

    sebenarnya bukan hanya penurunan vcore yg ikut mengurangi konsumi daya processor, penurunan clock dia juga berpengaruh. ini terlihat saat kita melakukan oc meski tanpa menaikkan vcore, ternyata ada kenaikan konsumsi waat procie.itu saya bahas kemarin bareng bro budi muliad i thread "kecepatan prosesor dan dampak akibatnya"

    ReplyDelete

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com