Wednesday, January 23, 2008

Panduan Memilih Hard disk

Hard disk merupakan tempat penyimpanan data permanen. Jadi semakin besar kapasitas hard disk semakin banyak pula data yang dapat disimpan. Besarnya buffer/cache memory pada hardisk sangat berpengaruh pada kecepatan kinerja dengan durasi proses lama. Rata-rata hardisk 40 GB keatas mempunyai cahe sebesar 2MB. Beberapa merk malam mempunyai cache sebesar 8 MB bahkan 16 MB.

Hardisk SATA cenderung lebih cepat (150mb/s-850mb/s) sedangkan PATA(100mb/s-133mb/s). Hardisk SATA II lebih cepat lagi (300MB/s-3GB/s)

Penggunaan fan cooler pada hardisk mungkin dibutuhkan untuik menjaga chipset hardisk agar suhu tetap terjaga dalampemakaian jangka lama, namun riset google menyebutkan bahwa kerusakan hardisk lebih banyak ditemukan pada hardisk dengan suhu dibawah rata-rata. Jadi ada baiknya mengenal karakteristik hardisk mana yang cenderung bermasalah pada chipset atau pada piringannya.

Kualitas listrik juga sangat berpengaruh, naik turunnya tegangan mudah merusakkan komponen pada hardisk. tuntuk menghindari kerusakan fisik maka gunakan stabilizer yang baik minimalkan saat listrik mati dengan menggunakan UPS. Juga shutdownlah komputer anda dengan untuk memastikan jarum pembaca hardisk pada posisi yang aman.

1 comment:

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com