Wednesday, January 30, 2008

Processor Gold Batch

Gold atau emas identik dengan sesuatu yang berharga. Dalam dunia processor paling tidak kurun waktu 5 tahunan terakhir pemerhati IT mengenal adanya processor gold. Dikatakan gold karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan processor lainnya dari jenis dan merek yang sama. Kelebihan tersebut diantaranya :

  1. Dapat dioverclock dengan persentase kenaikan yang tinggi. Bayangkan processor gold frekuensi 1.6 Ghz dipasangkan dengan mainboard dan memory yang mendukung dapat dioverclock menjadi 3.2 Ghz dengan stabil. Anda dapat bayangkan berapa dana yang dapat anda hemat jika anda harus membeli processor kecepatan 3.2 Ghz yang harganya bisa mencapai 4x lipat.

  2. Overcloking bisa dilakukan dengan menaikkan FSB atau jika beruntung anda akan mendapatkan processor gold yang di unlock multipliernya hingga kita bisa bermain-main kombinasi natara FSB dan multiplier

  3. Voltase yang rendah, anda hanya perlu sedikit menaikkan tegangan untuk proses overclocking yang stabil bahkan beberapa processor hanya memerlukan tegangan standar.

  4. Suhu tetap dingin meskipun tekah dioverclock, ini karena tegangan standar yang rendah dan juga arsitektur processor yang baik.


Dengan demikian tentu saja harga yang ditawarkan untuk processor gold jelas sedikit lebih mahal ketimbang yang tidak gold, namun masih pada batas kewajaran. Bagaimana kita mengathui apakah processor tersebut benar gold atau tidak yaitu dengan melihat informasi tulisan (batch) pada badan processor yang berupa kode dan waktu produksi. Selalu ada artikel mengenai processor gold yang ditemukan para enthuhiast dunia mempublikasikannya di internet, biasanya setiap peluncuran processor baru akan ada yang mencobanya. Bila anda salah seorang peminat tanyalah pada toko komputer yang enthusiast biasanya akan memberikan label apakah processor tersebut gold atau tidak berikut pasangan mainboard dan memory yang sesuai.

1 comment:

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com