Saturday, June 28, 2008

Panduan Online Shop & Klaim Garansi

Setelah beberapa waktu memilih dan memilah storage baru untuk menggantikan hardisk maxtor IDE 80GB jadul saya Akhirnya jatuh pada hardisk sata 2 berkapasitas 320GB dan cache 16mb. Diantara merek-merek terbaik dan saran dari para rekan IT chip forum akhirnya tersebutlah nama Hitachi dan WDC berdasarkan pada performa, kualitas dan harga yang masuk akal. Kemudian proses eliminasi di lakukan ketat berdasarkan dari kecepatan tulis, baca, burst speed, acces time, suhu, konsumsi power dan fitu NCQ. Akhirnya hardisk Hitachi HDTK250 terpilih, merupakan hardisk tercepat dikelasnya karena diskhususkan untuk games ensthusias. Dengan melakukan transaksi online shop sebuah toko dijakarta pengiriman barang menggunakan jasa tiki jne hanya berselang satu hari lamanya dari waktu pembelian.Kenapa saya tidak membeli diyogya? Karena harga hardisk diyoga dengan merek dan spesifikasi yang sama bisa lebih mahal 100 rb bahkan lebih termasuk ongkos kirimnya.

Setelah barang sampai saya segera mencoba dan memasangnya pada CPU saya. Alangkah terkejutnya saat power dinyalakan bios tidak mau post karena proses pendeteksian hardisk baru bermasalah, terlebi ada bunyi “kletak2” pada hardsik baru tersebut. Saya coba di CPU teman juga kasusnya sama saja. EEntah defect atau kelalaian dalam pengiriman akhirnya barang saya kirim kembali kejakarta untuk saya RMA pada tokonya dan menggantinya dengan merek WDC AAKS dengan asumsi garansi ATIKOM dapat dilakukan dimana saja meski beli dari luar kota. Point yang saya lewatkan dari kejadian diatas adalah proses klaim garansi ternyata sangat penting dan ini tidak saya pikirkan (hanya melulu soal performa). Dan saya juga lupa menanyakan distro Hitachi apakah ada diyogya, ternyata hanya ada di Jakarta dan Surabaya. Lain halnya dengan Seagate, Maxtor dan WDC yang ada dalam satu distro yaitu Atikom atau Terra dan lokasinya sudah ada di banyak tempat.

Jadi untuk yang ingin membeli barang secara online, keberadaan distro yang mudah dijangkau adalah hal mutlak sebagai pertimbangan dalam memutuskan untuk membeli suatu barang secara online.


2 comments:

  1. tau kalo Hitachi yg di jakarta klaim garansi nya kemana ga?

    ReplyDelete
  2. ini ada distro namanya bintang mas, untuk alamat masuk ke :

    http://www.bintang-mas.com/index.htm

    ReplyDelete

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com