Monday, February 18, 2008

Fast Loading Windows.

Time saat bios sampai masuk windows saat hardisk berhenti bekerja hanya butuh weaktu kurang dari 20 detik. Rahasianya ada pada pengontrolan jumlah loading bar berjalan saat loading windows.

ü <> : terlihat proses masuk windows lebih cepat namun akan mengalami proses panjang saat welcome screen muncul terlebih saat load program pada tray icon mucul satu-satu sehingga hardisk akan bekerja lebih lama.

ü 1,5 – 3 kali : proses masuk windows sedikit lebih lambat namun welcome screen terlihat hanya sesaat (1-2detik) dan dialanjutkan dengan loading system seluruh tray icon yang muncul bersamaan secara singkat sembari proses loading yang juga selesai. Dalaam kondisi ini PC dapat siap pakai hanya dalam 20 detik atau kurang tergantung spesifikasi komp dan jumlah instalasi program.

ü > 3 kali : proses masuk windows sangat lama karena menunggu bar loading berjalan bahkan ada yang mencapai belasan kali atau lebih. Hal ini diakibatkan terlalu banyak proses monitoring application & boot file launch yang harus diakses pada folder prefetch windows.

Gunakan program TweakNow Accelerator XP 2.0 / System mechanic 5.0 untuk mengatur isi folder prefetch agar tidak terlalu banyak dan membebani loading windows dengan pengaturan hanya melakukan monitoring boot file launch saja. Kosongkan folder prefetch setiap satu minggu sekali bila jumlahnya lebih dari 800kb.


No comments:

Post a Comment

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com