Wednesday, February 13, 2008

Tentang Overclocking

Tentang Overclocking

Pada dasarnya produk elektronik terutama komputer memiliki range atau batas dankemampuan tertentu. Batas kemampuan tersebut bermacam-macam, dan untuk beberapa produk terdapat range yang sangat jauh / tinggi antara batas kemampuan sebenarnya dengankinerja standar yang dipasarkan. Produk-produktersebutlah yang biasa kita sebut gold atau overclockable. Jadi perlu kecermatan untukmemilih barang-barang yang memiliki range cukup tinggi. Ada beberapa level overcloking, dari peningkatan 10% bahkan ada yang mampu meningkat lebih dari 100%. Overclocking bisa kita gunakan untuk penghematan dana, namun ada pula freak overcloker yang justru mengeluarkan dana yang jauh lebih mahal untuk sebuah kepuasan tersendiri.

Bahaya Overclocking

Secara teoritis semakin tinggi tekanan yang dibeerikan pada benda elektronik pasti berpengaruh pada usia benda itu. Tapi semua itu tergantung dari ambang suhu, keselarasan dan jenis komponen yang menerima beban tersebut. Jika suhu yang dihasilkan setelah overclocking masih dibawah ambang batas, dan keselarasan daya masih terjaga maka proses overclocking ini dapat digunakan sehari-hari dan tidak berpengaruh sama sekali terhadap usia pakai. Untuk itu pemilihan jenis komponen, pendinginan dan pengaturan daya adalah hal yang penting dalam overclocking. Jangan melakukan overclocking pada pheriperal yang tidak memiliki kemampuan untuk itu.

Lanjutan

Yang perlu anda cermati pertama dalam overclocking adalah mengamati semua komponen dan pheriperal pada PC anda, terutama maiboard, memory, CPU, VGA, PSU, dan Cooler. Langkah pertama cermatilah dulu PSU kita dan coba test satu persatu tegangan yang dikeluarkan apakah sesuai atau tidak terutama untuk jalur 12V, 5 V dan 3,3 V (biasanya terlihat dari software atau BIOS). Setelah itu cermati komponen manakah yang mendukung dan komponen manakah yang tidak mendukung. Pelajari batas kemampuannya satu persatu dahulu.

From Hyem review

No comments:

Post a Comment

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com