Sunday, June 14, 2009

Tips Merawat Hardisk Agar Awet

Hardisk merupakan salah satu komponen PC yang sangat peka karena masih memiliki komponen mekanik yang sangat peka terhadap goncangan, lonjakan listrik ataupun aktifitas penggunaan yang tidak benar. Beberapa tips agar hardisk yang kita gunakan berumur lebih lama yang meliputi tindakan teknis maupun tindakan perlakukan oleh kita sendiri.
  • Rutin Defrag Hardisk jika anda sering instal/uninstall /copy/move files
  • Matikan startup program yang menurut bro tidak penting
  • Matikan service yang tidak penting, jika komputer bro tidak terhubung suatu jaringan atu internet boleh disable beberapa service berbau network
  • PSU yang baik : Pure, rail yang stabil
  • Stabilizer yang baik, UPS yang baik
  • Air Flow casing yang baik, hembuskan bagian bawah hardisk dengan cooler dari depan casing misalnya atau cooler hardisk jg gpp.
  • Penempatan page file pada hardisk lain.
  • Usahakan jangan terlalu sering bongkar angkut hardisk.
  • Atur isi folder prefetch agar tidak terlalu banyak dan membebani loading windows dengan pengaturan hanya melakukan monitoring boot file launch saja. Kosongkan folder prefetch setiap satu minggu sekali bila jumlahnya lebih dari 800kb.

4 comments:

  1. Ada yang ngomon semakin sering di defrag semakin cepat rusak hardisk. Jadi bingung ni mana yang benar :)

    ReplyDelete
  2. hardisk mempunyai istilah mtbf atau mean time before faillure, dimana ada sejumlah jam terbang yg akan berkurang sebelum akhirnya hardisk tersebut bisa dibilang masuk dalam kondisi cukup rentan untuk dapat terjadi kegagalan operasi. karena itu anggapan bahwa defrag merupakan salah satu tugas berat hardisk dan turut mempercepat mtbf sering didengar orang. tapi yg perlu dipahami jika hardisk melakukan defrag memiliki aktifitas yg teratur pada tiap perputaran cakram dan pergerakan headnya karena sifatnya memproses data monoton dalam satu waktu untuk dirapikan. dan itu hanya dilakukan jarang2 dan tidak rutin karena dilakukan saat dibutuhkan saja.

    Bandingkan jika hardisk bekerja meload aplikasi2 dg mencari,membaca data yg bervariasi karena fragmentasi dibiarkan terjadi menumpuk dan mengakibatkan perputaran cakram dan pergerakan spindle semakin bervariasi dalam satu waktu pula dan itu dilakukan berulang-ulang setiap kita membuka, meload atau membaca aplikasi ataupun informasi yg dibutuhkan didalam hardisk.

    kira-kira seperti itu....^^

    ReplyDelete
  3. makasih atas tipsnya gann.,.,

    ReplyDelete

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com