Saturday, June 6, 2009

Alnect Computer : Sound Card PCI Creative Audigy 7.1

Malam menyapa saat matahari terkulai di ufuk barat, tubuhkupun terbalut lelah sepulangku melakukan aktifitas seharian dikampus. Jam dinding kamarku menunjukkan pukul enam lewat lima menit. Sedikit samar gulita hingga kuraih saklar lampu sembari menekan tombol power komputerku, itu merupakan standar protocol memasuki kamar. Akhirnya bisa bercengkrama dengan kamarku, gumamku dalam hati.

Sedikit hiburan sepertinya mampu membasuh keletihan ini dari tubuhku, sedikit melirik ke desktop windows yang sudah siap digunakan untuk mengarahkan pointer tepat diatas icon winamp di quick launch sembari menekan power aktif speaker.

http://www.alnect.net/product.php?/2/80/216/Peripheral/Komputer_Peripheral/Sound_Card

Suara mbak Norah Jones melantunkan Don’t Know Why perlahan mengarungi penjuru kamar yang tak luas ini. Kulentangkan kaki diatas kasur busa berharap mendapatkan posisi relax sembari dimanjakan suara serak Norah, asik telingaku menikmati musik yang keluar dari sound system PC tersebut. Semakin bagus saja lagu ini didengar setelah menambahkan soundcard Audigy keluaran creative minggu lalu. Setiap frekuensi mampu di repro keseluruhan dengan rentang yang cukup luas. Tidak ada range frekuensi yang lebih dominan antara satu dengan yang lain, terdengar natural setiap alat musik berbunyi sesuai porsinya. Suara cymbal lebih kentara, nada-nada piano mengalun menyahut repo vocal mbak Norah di frekuensi menengah high dengan diselingi gitar akustik yg lembut mengiringi alunan penuh performa. Karakter trebel sedikit basah, tidak cempreng seperti kaleng layaknya kehilangan nyawa, tidak terlalu tajam dan tidak menggalkan distorsi akibat over high freq. Begitu pula dengan frekuensi bass yang menedang namun empuk tidak kasar dan dapat memisahkan frekuensi bass petik dan bass drum secara jelas yg membuat karakter bass lebih dalam bulat memanjang namun tidak boomy.

Sempurna ungkapku, cukup lama melakukan uji coba mulai dari pemilihan player yg sesuai dengan speaker bookshelf, setting equalizer multi layer, DSP yang sesuai karakter speaker dan input plugin mp3pro 1.0 dari thompson. Namun penambahan Creative Audigy 7.1 kembali menyuguhkan suara yang lebih jernih dlm mereproduksi ulang sinyal yang hilang dengan metode algoritma nyquist akibat pemotongan frekuensi berlebihan pada proses encoding mp3. Tak ada lagi bottleneck yang dipengaruhi oleh sebuah chip DAC(Digital to Analog Conventer) sebagai chip pendamping chip utama sound card. Chip Dac ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Secara kinerja dapat dijelaskan chip ini memproses output yang dihasilkan oleh controler utama/chipsound yang berupa data digital menjadi data analog. Dan memang creative membekali seluruh jajaran soundcardnya dan DAC yang jempolan dan sulit ditemukan di soundcard onboard.

Meski orientasi saya lebih kepada musik, namun sound card dengan interface PCI ini masih menyimpan ilmu jampangnya. Beberapa diantaranya yaitu :

  • 7.1 multi-channel surround sound with CMSS 3D for Cinematic Surround Sound in Movies. Bekerja dengan hampir pada semua player DVD yang mendukung DIGITAl EX atau DTS ES decoding untuk pengalaman menonton filem yang lebih baik.
  • Realistic EAX® ADVANCED HD2 Effects. Merupakan gaming environments satu-satunya yang mendukung EAX ADVANCED HD2.
  • 7.1 Surround Sound3 with 3D Games. Sound Blaster Audigy secara akurat memberikan suara posisi 3D pada DirectSound 3D1 games di 7.1. Dari sini kita bisa mengetahui dimana letak musuh kita layaknya sibuta dari goa hantu.
  • 64 audio channel playback with independent sample rates.
  • 24-bit Analog-to-Digital conversion of analog inputs at 96kHz sample rate.
  • 24-bit Digital-to-Analog conversion of digital sources at 96kHz to analog 5.1 speaker output.
  • 16-bit and 24-bit recording with sampling rates of 8, 11.025, 16, 22.05, 24, 32, 44.1, 48 and 96kHz.
  • SPDIF1 output up to 24-bit resolution at selectable sampling rate of 44.1, 48 and 96kHz.
  • 100dB SNR clarity.
  • 64bit OS ready.
  • Dan software bawaan sebagai fungsi recording dan playback dalam satu kemasan.

Memikirkan kemampuan fiturnya memang bisa berakhir hingga beberapa baris saja, namun menikmati satu dari banyak kemampuannya saja tak cukup hanya di satu kesempatan. Begitu pula saat mendengarkan senandung vocal Norah Jones belum habis satu track Don’t Know Why, begitu nikmatnya samar diriku merasakan keheningan yang entah mengapa membuatku nyaman. Gelap menutup kesadaran dan sempat bertanya pada diri mengapa alunan tersebut membuatku cepat melangkah ke alam mimpi, meski akhirnya hanya menjadi pertanyaan yang kutinggalkan dan terlupakan saat berada dimimpi indahku…..

Seindah apa mimpi yang terciptakan dari alunan tersebut...? Cari tahu disitus online Alnect Computer....

keyword di google : " Sound Card PCI Creative Audigy 7.1 " , " Sound Card Creative Audigy 7.1 " , " Creative Audigy 7.1 ". " Audigy 7.1 ".

Alnect computer Blog Contest

8 comments:

  1. Nice review bro........:)
    yang blm ikutan Kontesnya segera bergabung bersama kami dan menangkan hadiahnya...daftarkan segera
    ********KONTES BLOG Klik DISINI ***********

    ReplyDelete
  2. waaaaa... kelen....
    gud lak juga ya ^^

    ReplyDelete
  3. @mareas nami sipayung,neki arismi : thanks gan...^^

    ReplyDelete
  4. bos ada gak sound card yang 64bit?'',tolong infonya dong'''.kirim ke www.zona115@gmail.com.
    makasih''''

    ReplyDelete
  5. @Zona : 64 bit dari Bit Depth nya atau support OS 64 bit??

    untuk Bit Depth umumnya yg ada dipasaran hanya ada kelas 16 bit, dan 24 bit dari kelas premium.

    ReplyDelete
  6. biar gak mubazir, harus pake spekar jempolan juga dong...

    ReplyDelete

Komentar yuk....


Got My Cursor @ 123Cursors.com